Sejarah Awal Mula Sketchup

Google Sketchup memang banyak diakui sebagai salah satu perangkat lunak untuk menggambar yang mudah untuk dipelajari. Google sketchup dapat kita gunakan untuk menggambarkan berbagai jenis model 3D, seperti rumah, gedung bertingkat, kendaraan, perabotan, dan lain-lain yang sangat detail dan dengan hasil yang sangat memuaskan bahkan sama seperti aslinya ketika sudah melalui rendering.
Meskipun namanya Google Sketchup, namun saat ini Sketchup sudah tidak dimiliki oleh Google, melainkan dimiliki oleh Trimble Navigation. Berikut adalah sejarah awal mula Sketchup hingga Sketchup dibeli oleh Trimble Navigation dari Google.

(1999) Awal mula Sketchup 
Google Sketchup (yang pada mulanya hanya disebut “Sketchup”) adalah sebuah perangkat lunak desain grafis 3D (3 Dimensi) yang dikembangkan pertamakali oleh perusahaan Last software dari Boulder, Colorado, co pada tahun 1999 oleh Brad Schell dan Joe Esch.

(2000) Penghargaan Pertama 
Perangkat lunak ini memang bertujuan dijadikan sebagai alat menggambar 3D yang dapat digunakan oleh semua orang, dengan tagline “3d for everyone”. Sehingga pada Agustus 2000 memenangkan Community Choice Award di tradeshow untuk pertama kalinya dalam kategori Software 3D.

(2006) Diakuisisi Google
Google mengakuisisi Last Software pada tanggal 14 Maret 2006, karena Google tertarik untuk mengembangkan Software Plugin untuk Google Earth

(2007) Google Sketchup 6 Dirilis 
Pada 9 Januari 2007 Google merilis Google SketchUp 6. Pada versi ini Google menampilkan alat-alat (tools) baru serta versi beta Google SketchUp LayOut. LayOut ini meliputi alat vektor 2D serta halaman tata letak peralatan (tools) yang dimaksudkan untuk memudahkan bagi para profesional untuk membuat presentasi tanpa menggunakan program presentasi pihak ketiga. Fitur lain yang ditambahkan untuk memungkinkan pengguna untuk memperluas daerah kerja gambar supaya kursor berada disekitar obyek.

(2008) Google Sketchup 7 Dirilis 
Pada 17 November 2008 Google merilis Google SketchUp 7. Perbaikan pada tampilan versi ini sudah lebih memudahkan penggunanya. Ditambah lagi sudah dapat diintegrasi SketchUp Komponen Browser dengan Google 3D Warehouse. Komponen peralatannya (tools) lebih dinamis serta respon yang tepat untuk scaling. Pada versi ini juga sudah ada peningkatan kinerja API Ruby. Namun dukungan untuk Windows 2000 juga dihapus (tidak dapat diinstal pada Windows 2000).

(2010) Google Sketchup 8 Dirilis 
Pada 1 September 2010 Google merilis Google SketchUp 8. Google Sketchup 8 melakukan perbaikan yang meliputi geolocation model dengan Google Maps, citra warna dan medan yang lebih akurat, Building Maker integration, serta pada versi 8 ini mendukung untuk Mac OS X Tiger.

(2012) Trimble Membeli Sketchup 
Pada 26 April 2012, Trimble Navigation mengumumkan akan membeli SketchUp dari Google. Meski Sketchup telah dijual, kedua perusahaan tersebut akan berkolaborasi dalam menjalankan dan mengembangkan lebih lanjut SketchUp 3D Warehouse. Hingga pada akhirnya tanggal 1 Juni 2012, Trimble menyelesaikan akuisisi SketchUp dari Google. 
Tags